DPR Sahkan Perppu Ormas Jadi Undang-Undang

DPR menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang No. 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) menjadi undang-undang setelah pemungutan suara terbuka fraksi dalam rapat paripurna pada Selasa (24/10).

Berdasarkan voting terbuka, dari 445 anggota yang hadir, 314 anggota dari tujuh fraksi menyatakan setuju, 131 anggota dari tiga fraksi menyatakan tidak setuju.

Ada empat fraksi yang menyetujui Perppu Ormas menjadi undang-undang, tiga fraksi yang menyetujui Perppu Ormas menjadi undang-undang dengan catatan segera dilakukan revisi, dan tiga fraksi yang tidak setuju Perppu Ormas menjadi undang-undang.

Seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan setuju Perppu Ormas menjadi undang-undang. Seluruh anggota Fraksi Partai Golkar juga menyatakan setuju, demikian pula dengan anggota Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Hanura dan Fraksi PKB.

Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PPP menyatakan dapat menyetujui Perppu Ormas menjadi undang-undang dengan catatan segera dilakukan revisi.

Sedangkan, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PAN, dan Fraksi PKS menyatakan menolak atau tidak setuju Perppu Ormas menjadi undang-undang.

Download Perpu Nomor 2 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *