Ketua MA: Hakim Perempuan Mampu Bersaing dengan Hakim Laki-Laki

Hakim perempuan Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan hukum nasional. Terbukti hingga sekarang, dari kurang lebih 1.900 orang hakim perempuan atau 27 % dari keseluruhan jumlah hakim, sudah sangat banyak hakim perempuan yang menduduki berbagai jabatan pimpinan pengadilan, dengan kualitas kepemimpinan yang mampu bersaing dengan hakim laki-laki. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH dalam pidatonya saat membuka seminar Penegakan Hukum Terhadap Perkara Perempuan Berhadapan dengan Hukum di hotel Mercure Ancol, Jakarta, Sabtu (20/1).

Para peserta Pertemuan Hakim Perempuan dari Empat Badan Peradilan di seluruh Indonesia mengikuti seminar ilmiah tersebut yang menghadirkan para perempuan hebat Indonesia di antaranya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Termasuk juga sebagai Hakim Agung, bahkan hingga jabatan Wakil Ketua Mahkamah Agung pernah diduduki oleh hakim perempuan,” kata Hatta Ali.

Hatta menambahkan bahwa lahirnya Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan Dengan Hukum, yang menjadi salah satu pokok bahasan di seminar ini, juga tidak terlepas dari andil perwakilan hakim perempuan Indonesia yang hadir dalam Pertemuan Hakim Perempuan se-ASEAN pada tanggal 24-25 Juni 2016 di Bangkok.

Seminar ini diharapkan mampu memberikan ilmu dan pengalaman yang bisa diambil oleh para hakim wanita dalam menjalankan tugasnya. “Saya berharap, para peserta sekalian dapat memanfaatkan kesempatan emas ini untuk menyerap ilmu dan pengalaman berharga dari para narasumber, agar menjadi bekal khususnya dalam menjalankan tugas sebagai hakim.” Harap Hatta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *