BRG Berharap Restorasi Gambut Dapat Dukungan di Forum Davos

Tiap tahun, World Economic Forum di Davos, Swiss, membawakan tema spesifik untuk bahan diskusi. Tahun ini topiknya adalah “Menciptakan masa depan bersama di dunia yang rusak”. Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead akan ikut delegasi Indonesia dalam forum yang berlangsung pada 23-26 Januari 2018.

World Economic Forum mempertemukan para pemimpin dunia, CEO, dan para pengambil kebijakan setingkat presiden sampai menteri. “Para pemimpin dunia dan para CEO di forum ini membicarakan bagaimana menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi sehat yang global tapi juga berkeadilan secara sosial ataupun secara ekologis,” kata Nazir.

Indonesia memiliki hutan dan lahan gambut yang sangat luas, keragaman hayati yang tinggi serta kekayaan alam mineral yang melimpah sehingga Indonesia memiliki posisi yang sangat penting. Nazir mengatakan BRG membawa program untuk mendukung kegiatan pembangunan ekonomi yang berkeadilan baik kepada masyarakat maupun ekosistem. “Kami mengundang para pemimpin bisnis dan negara sahabat untuk menjadi mitra dan menjalin kerja sama business to business baik dalam investasinya maupun penelitian. Kami berharap restorasi gambut bisa didukung juga oleh para mitra internasional dan dunia usaha,” ujar Nazir.

Lebih lanjut Nazir menambahkan, business to business ini lebih ke arah investasi dari perbankan internasional atau lembaga keuangan internasional kepada pelaku usaha yang usahanya bersahabat dengan lingkungan.

Restorasi gambut membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena itu selain hibah dan dana CSR, restorasi gambut juga memerlukan investasi. Investasi kawasan gambut akan menyentuh aspek budidaya hingga perbaikan infrastruktur.

Menurut Nazir, dalam pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, tahun lalu, banyak negara termasuk perusahaan yang menawarkan hibah dan investasi restorasi gambut. Sasaran investasi dan hibah akan menyentuh tujuh provinsi di Indonesia yang menjadi prioritas restorasi gambut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *