BRG Tandatangani MoU bersama Ditjen KSDAE tentang Restorasi Gambut di Kawasan Konservasi

Badan Restorasi Gambut (BRG) menandatangani nota kesepahaman bersama Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tentang Penguatan Fungsi Berupa Pelaksanaan Restorasi Gambut pada Kawasan Konservasi di Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Deputi II BRG Alue Dohong dan Dirjen KSDAE Wiratno di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (26/2).

“Dengan nota kesepahaman ini kita bangun bersama hal-hal seperti penataan blok, rencana pengelolaan, rencana restorasi. Selanjutnya untuk pelaksanaannya akan disusun perjanjian kerja sama (PKS). Lalu kita akan lihat hasil-hasil pelaksanaannya apakah sudah sesuai dengan tujuan,” kata Deputi II  Bidang Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan BRG Alue Dohong.

Nota kesepahaman ini mencakup koordinasi dan sinkronisasi penetapan lokasi detail pembangunan infrastruktur pembasahan gambut berupa sekat kanal, penimbunan kanal dan teknologi pembasahan lain, pertukaran data dan informasi, perencanaan pembangunan infrastruktur pembasahan gambut berupa sekat kanal, penimbunan kanal dan teknologi pembasahan lain beserta pelaksanaannya, monitoring dan evaluasi pembangunan infrastruktur pembasahan gambut, demplot revegetasi pada lahan gambut dan pengembangan program dan kegiatan restorasi gambut dalam rangka mendukung efektifitas penyelenggaraan kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam serta ekosistem esensial.

Menurut Wiratno, tujuan dari nota kesepahaman ini adalah memperkuat efektivitas penyelenggaraan kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam serta ekosistem esensial di Indonesia khususnya pemulihan ekosistem gambut. “Juga mencegah dan memulihkan kerusakan lahan gambut sebagai bagian dari ekosistem kawasan konservasi, dan meningkatkan sinergitas, peran dan tanggung jawab antar lembaga pemerintah dalam bidang konservasi keanekaragaman hayati tropis dan restorasi gambut di Indonesia,” kata Wiratno.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *