Partai Demokrat Pecat Amin Santono

Hinca Panjaitan

VARIA PERADILAN, JAKARTA — Partai Demokrat secara resmi memecat Amin Santono dari keanggotaannya di Partai Demokrat. Amin juga diberhentikan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi XI.

Pemecatan ini diputuskan setelah Amin ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Amin terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan diduga menerima suap terkait usulan Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada RAPBN-P tahun anggaran 2018.

“Sebagai bentuk dukungan kepada KPK, dan tanggung jawab moril Partai Demokrat yang tidak memberikan ruang sedikitpun di dalam partai Demokrat bagi koruptor, maka Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat memutuskan memberhentikan dengan tidak hormat saudara AS dari Partai Demokrat dan memberhentikan dari keanggotaan di DPR. Semua administrasi yang terkait pemberhentian tersebut akan diproses segera dan pada kesempatan pertama,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (6/5/2018).

Hinca menjelaskan Partai Demokrat mengapresiasi sikap KPK yang menangkap kadernya itu. Demokrat menganggap KPK telah membantu membersihkan kader-kader Demokrat yang masih berani melakukan korupsi.

“Partai Demokrat mengucapkan terimakasih kepada KPK yang turut membersihkan bangsa ini dari para pelaku korupsi dan juga membersihkan Partai Demokrat dari kader kader yang korupsi,” jelas Hinca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *