Apel Pengamanan Lebaran Digelar di Kawasan Monas

VARIA PERADILAN — Apel pengamanan Idulfitri 2018 dengan nama Operasi Ketupat Jaya 2018 digelar di kawasan Monumen Nasional, Rabu (6/6/2018). Operasi gabungan ini dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Jajaran pasukan seperti Satpol PP, Dishub, Basarnas, Polisi Lalu Lintas, Reserse Polisi, Sabhara, Brimob, Kopassus, dan beberapa lainnya berbaris rapi.

Apel ini secara serentak digelar di seluruh Indonesia, sebagai langkah penting pengamanan jelang tradisi mudik dan Hari Raya Idulfitri.

Dilakukan selama 18 hari kedepan, Operasi Ketupat Jaya ini dilangsungkan selain sebagai upaya pengamanan tindak kekerasan, juga sebagai langkah antisipasi potensi gangguan bencana alam, seperti letusan gunung berapi, sinabung, serta gelombang tinggi.

“Mari kita berdoa kepada Sang Maha Kuasa, sehingga operasi pengamanan ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Tito, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Total ada lebih dari 177.000 pasukan gabungan Polri, TNI, Jajaran Pemda di masing-masing daerah, serta organisasi kemasyarakatan turun terlibat dalam operasi Patuh Jaya 2018 ini.