Menhub Dukung Sanksi Pidana atas Tenggelamnya Kapal di Danau Toba

VARIA PERADILAN — Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengenakan sanksi pidana kepada personel Kementerian Perhubungan (Kemhub) jika terbukti lalai dalam kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung langkah ini.

“Kalau memang ada kelalaian tugas yang bisa menghilangkan nyawa orang dan bisa dikenakan sanksi pidana, saya tentu mendukung,” kata Budi Karya, di Cikarang, Minggu (24/6).

Menurut Budi Karya, pihaknya tidak mau mencari kambing hitam atau menuding pihak mana yang bersalah atas musibah tersebut. Namun, pihaknya akan menyerahkan kepada pihak berwenang untuk menyelidiki kasus tersebut.

Dalam musibah itu, tegas Budi Karya, ada pihak yang terkait dengan pelayaran seperti pejabat syahbandar, nakhoda, dan operator kapal.

Adanya penegakan hukum tegas, kata Menhub, tentunya diharapkan bisa memberikan efek positif agar dalam melaksanakan tugas harus sesuai aturan keselamatan.

“Hukum pidana diharapkan bisa memberikan pembelajaran agar kasus ini jangan terulang lagi apalagi sampai menghilangkan nyawa orang,” tambahnya.