Indonesia Masuk 10 Negara Teraman Dunia, kata Jokowi

VARIA PERADILAN — Indonesia masuk dalam daftar 10 negara teraman di dunia berdasarkan survei Gallup Law and Order. Demikian dikemukakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

“Gallup Law and Order menempatkan Indonesia ke dalam 10 negara teraman di dunia. Sebuah capaian yang membanggakan kita semua, yang harus dijaga dan dipertahankan, ini merupakan hasil kerja elemen-elemen bangsa dan tentu ada kerja keras, pengabdian dan dedikasi Polri,” kata Jokowi.

Dalam upacara yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan lbu Mufidah Kalla, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian serta para pejabat kepolisian itu, Presiden mengingatkan Polri agar tidak cepat berpuas diri dengan pencapaian itu. “Karena ke depan tantangan akan semakin kompleks, tuntutan rakyat semakin meningkat, dunia terus berubah bergerak membawa ancaman baru,” katanya.

Polri, ia melanjutkan, juga harus siap mengantisipasi tindak kejahatan yang pada era digital semakin beragam dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. “Polri harus semakin siap menghadapi kejahatan transnasional seperti kejahatan siber, human trafficking, drug trafficking sampai arms smuggling, Polri harus terus meningkatkan, mewaspadai ancaman terorisme negara maju pun mengalami ancaman sama,” tambah presiden.