Hatta Ali: MA Akan Tindak Tegas Hakim Nakal

VARIA PERADILAN — Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali menyatakan, pihaknya tak akan menutupi atau menghalangi setiap laporan masyarakat terkait hakim yang nakal. Hatta Ali mengatakan bahwa MA akan menindak tegas para hakim yang masih saja nakal, menyalahgunakan kewenangan untuk kepentingan pribadi.

“Kalau ada laporan pengaduan hakimnya nakal, kami segera memeriksa. Enggak ada itu kami simpan-simpan,” ujar Hatta Ali dia Gedung MA, Jakarta, Rabu (15/8/2018). “Semua sama, tidak ada hakim yang kebal hukum. Semua kami periksa dan kami beri sanksi kalau terbukti bersalah,” kata dia.

MA sendiri, menurut Hatta, sudah memiliki sistem pengawasan kepada para hakim di daerah. Sistem pengawasan itu memanfaatkan perkembangan teknologi. Lewat teknologi MA bisa mengawasi perkara-perkara yang ditangani hakim di daerah-daerah. Pengawasan MA ini mulai dari jumlah perkara, hingga perkara yang diputus cepat dan diputus lambat. “Saya kira tidak seperti dulu lagi. Saya kira Anda pun bisa melihat pelayanannya (kini di pengadilan lebih baik),” kata dia. Secara umum, Hatta juga mengungkapkan bahwa gugatan uji materi ke MA kian hari kian menurun. Hal itu ia anggap sebagai bukti bahwa para pencari keadilan sudah cukup puas dengan keputusan pengadilan di tingkat bawah.